Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Theofilius
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Theofilius

Pemerintah Tak Akan Intervensi Kasus Edhy Prabowo

Nasional OTT KPK Edhy Prabowo
Kautsar Widya Prabowo • 25 November 2020 18:33
Jakarta: Pemerintah mendukung langkah hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terkait kasus dugaan suap dalam penetapan eksportir benih lobster. Pemerintah tidak akan mengintervensi pengusutan kasus rasuah tersebut.
 
"Pemerintah menyatakan bahwa pemerintah mendukung apa yang dilakukan KPK, dan silahkan itu dilanjutkan sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 November 2020.
 
Pemerintah menyerahkan sepenuhnya kasus yang menjerat Edhy kepada KPK. Mahfud mengaku tidak tahu penyebab Edhy harus berurusan dengan Lembaga Antirasuah.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo, kata Mahfud, sudah berkali-kali menegaskan hukum harus ditegakkan secara benar dan tidak pandang bulu. Nasib Edhy akan ditentukan setelah KPK mengumumkan pernyataan resmi.
 
Baca: Edhy Prabowo Tersandung Proses Penetapan Eksportir Benih Lobster
 
Edhy dan istrinya, Iis Rosita Dewi, terjaring OTT KPK pada Rabu dini hari, 25 November 2020. Giat KPK tersebut dilakukan di sejumlah tempat, yakni Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dan Depok, Jawa Barat.
 
Sebanyak 17 orang telah ditangkap, antara lain Edhy, Iis, serta beberapa pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan pihak swasta. Dalam penangkapan itu, KPK menyita barang bukti berupa kartu debit ATM.
 
KPK membutuhkan waktu 1x24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang ditangkap. Status mereka bakal diumumkan melalui konferensi pers.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif