Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali FIkri. Foto: Dok/Screenshot Metro TV
Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali FIkri. Foto: Dok/Screenshot Metro TV

KPK Minta Kuasa Hukum Lukas Enembe Lakukan Pembelaan Sesuai Koridor Hukum

MetroTV • 27 September 2022 15:30
Jakarta: Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri menyatakan KPK berencana memproses hukum pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe lantaran dinilai sudah mengganggu penyidik dalam menangani perkara yang menjerat Lukas.
 
“Kami berharap tersangka atau penasihat hukumnya memberikan pembelaan sewajarnya sesuai dengan koridor, tugas dan kewenangannya, ” kata Ali dalam tayangan Headline News Metro TV, Selasa, 27 September 2022.
 
Ali menyebut segala proses yang dilakukan KPK telah sesuai dengan hukum dan berharap kuasa hukum Lukas juga memahami seperti apa proses hukum berlangsung. Ali menyebut jika kuasa hukum Lukas berupaya menghalang-halangi proses hukum dapat dikenai pasal 21 UU Nomor 31 Tahun 1999.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika memang ada kesengajaan dari proses yang sedang KPK lakukan, kemudian terbukti menghalangi proses penyidikan. Tapi itu butuh analisis lebih lanjut,” tutur Ali
 
Baca juga: SBY Diminta Bujuk Lukas Enembe Agar Hadir Pemeriksaan KPK
 
Menurut Ali pemberian keterangan sakit dari kuasa hukum Lukas Enembe tidak sesuai karena kuasa hukum bukan dokter. Kuasa hukum juga dinilai telah memberikan keterangan yang menggiring opini publik.
 
Ali mengungkap tim medis pribadi Lukas sempat datang ke KPK untuk memberikan rekam medis,  saat dimintai keterangan dari tim medis KPK terkait kesehatan lukas secara teknis, tim medis pribadi Lukas tidak bisa menjawab sesuai yang dibutuhkan. (Imanuel Rymaldi Matatula)

 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif