Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: MI/Susanto.
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: MI/Susanto.

Dewan Pengawas KPK Orang-orang Baik

Nasional kpk Dewan Pengawas KPK
Kautsar Widya Prabowo • 11 Desember 2019 07:00
Jakarta: Menteri koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta semua pihak bersabar menunggu pelantikan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mahfud memastikan mereka yang dipilih adalah orang-orang terbaik.
 
"Nanti akan jadi kejutan, bahwa dewasnya baik-baik," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.
 
Menurutnya, pada 2019 ini Dewas akan dipilih Presiden Joko Widodo secara langsung. Mahfud mengatakan bahwa Presiden punya kriteria tersendiri untuk memilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini tak mau ikut campur terkait hal itu. Dia juga tak membeberkan kriteria apa saja yang cocok bagi seseorang untuk menjadi Dewas KPK.
 
"Presiden sudah lebih tahu kriterianya," ujar Mahfud.
 
Presiden Jokowi sebelumnya menyebut proses seleksi dewan pengawas KPK sudah final. Sosok dewan pengawas akan diumumkan dalam waktu dekat.
 
Jokowi memastikan dewan pengawas yang dipilih merupakan sosok berintegritas. Proses seleksi bahkan dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari banyak pihak.
 
Baik Dewas dan pimpinan baru KPK akan dilantik, Jumat, 20 Desember 2019. Anggota Dewan Pengawas berjumlah lima orang. Mereka bertugas mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, termasuk memberikan izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif