Plt juru bicara KPK, Ali Fikri/Antara/M Risyal Hidayat.
Plt juru bicara KPK, Ali Fikri/Antara/M Risyal Hidayat.

KPK Limpahkan Dakwaan 2 Tersangka Pajak ke PN Jakpus

Candra Yuri Nuralam • 19 Januari 2022 10:06
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan dakwaan dua tersangka dugaan rasuah perpajakan ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat. Kedua orang itu, yakni mantan Kepala Pajak Bantaeng Wawan Ridwan dan Fungsional Pemeriksa Pajak pada Kanwil DJP Jawa Barat II Alfred Simanjuntak.
 
"Tim jaksa telah selesai melimpahkan berkas perkara Terdakwa Wawan Ridwan dan kawan-kawan ke Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 19 Januari 2022.
 
Kedua orang itu kini menjadi tahanan pengadilan. Wawan ditahan di Rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur. Sementara itu, Alfred ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK kini menunggu penetapan sidang perdana keduanya dari majelis hakim. Agenda sidang perdana dijadwalkan dengan pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK.
 
Baca: Peristiwa Pidana Suap dalam Kasus Angin Prayitno Disebut Tak Terbukti
 
KPK menetapkan Wawan dan Alfred sebagai tersangka. Keduanya diduga telah menerima SGD625 ribu untuk memainkan pajak perusahaan. Uang itu didapat dari tiga perusahaan, yakni PT Jhonlin Baratama, PT Gunung Madu Plantations, dan PT Bank Pan Indonesia pada kurun 2016 dan 2017.
 
KPK menyiapkan dua dakwaan untuk Wawan dan Alfred. Pertama, keduanya disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP. Lalu, dakwaan kedua disangkakan melanggar Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif