Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Gugatan Polusi Udara Mandek

Nasional polusi udara
Sri Yanti Nainggolan • 01 Mei 2020 05:42
Jakarta: Gugatan warga negara (citizen law suit/CLS) terkait ketidakpuasan terhadap kualitas udara di DKI Jakarta tersendat di aspek formal. Kemungkinan, perkara akan diproses oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).
 
"Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat masih ragu apakah kini PN berwenang mengurus perkara perbuatan melawan hukum oleh pemerintah," kata peneliti Indonesian Centre for Environmental Law Fajri Fadhillah dalam diskusi media, Kamis, 30 April 2020.
 
Ia menjelaskan Mahkamah Agung (MA) telah menerbitkan aturan baru soal gugatan perbuatan melawan hukum oleh pemerintah diurus PTUN, bukan PN. Aturan tersebut muncul tak lama setelah CLS diajukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fajri berharap proses hukum tetap lanjut di PN supaya tidak perlu mengulang pengajuan gugatan dari awal lagi. Kini, Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota) tengah menunggu keputusan.
 
"Antara 12-19 Mei, kita akan mendapat keputusan dari PN apakah perkara bisa diperiksa lebih lanjut di sana atau tidak," ucap dia.
 
Baca: Polusi Udara Dapat Picu Penyakit Penyerta Pasien Covid-19
 
Kumpulan komunitas dalam Gerakan Ibu Kita mengajukan gugatan polusi udara Jakarta. Mereka melayangkan gugatan warga negara kepada sejumlah lembaga pemerintahan melalui PN Jakarta Pusat pada Kamis, 4 Juli 2019.
 
Dasar aduannya ketidakpuasan terhadap kualitas udara di DKI Jakarta yang dianggap terlalu berpolusi. Gugatan ditujukan kepada tujuh lembaga pemerintahan yaitu Presiden Joko Widodo; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya; Menteri Kesehatan, Nila Moeloek; Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; dan Gubernur Banten, Wahidin Halim.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif