Ilustrasi persidangan. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi persidangan. Medcom.id/M Rizal

Hiendra Soenjoto Didakwa Suap Nurhadi Rp45 Miliar

Nasional kpk Kasus Suap Suap di MA
Siti Yona Hukmana • 22 Januari 2021 12:56
Jakarta: Hiendra Soenjoto didakwa menyuap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi lebih dari Rp45 miliar. Uang tersebut diserahkan lewat menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono.
 
"(Hiendra) telah melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungan sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai perbuatan berlanjut, memberi atau menjanjikan sesuatu, yaitu memberikan uang sejumlah Rp45.726.955.000," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wawan Yunarwanto, dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Uang haram itu diberikan agar Nurhadi dan Rezky Herbiyono mengupayakan pengurusan perkara antara PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) melawan PT Kawasan Berikat Nusantara (PT KBN). PT MIT digugat terkait perjanjian sewa menyewa depo container milik PT KBN seluas 57.330 m persegi dan 26.800 m persegi di wilayah KBN Marunda kavling C3-4.3, Cilincing, Jakarta Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dakwaan Hiendra terpisah dengan Nurhadi dan Rezky. Direktur PT MIT itu didakwa melanggar Pasal 13 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.
 
Baca: Hiendra Gadaikan Lahan Sawit Menantu Nurhadi untuk Pinjam Uang
 
Sebelumnya, Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap dan gratifikasi Rp83 miliar. Dalam perkara suap, keduanya didakwa menerima Rp45,7 miliar dari Hiendra Soenjoto. Keduanya juga didakwa menerima gratifikasi mencapai Rp37,2 miliar.
 
Penerimaan uang itu hasil pengurusan tujuh perkara. Nurhadi dan Rezky diduga 'dagang' perkara dari pengadilan tingkat pertama hingga MA.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif