NEWSTICKER
Kabareskrim Irjen Listyo Sigit bersama Kapolri Jenderal Idham Azis/MI/Pius Erlanga.
Kabareskrim Irjen Listyo Sigit bersama Kapolri Jenderal Idham Azis/MI/Pius Erlanga.

Polsek Punya Wewenang Penegakan Hukum

Nasional polri
Siti Yona Hukmana • 23 Februari 2020 06:22
Jakarta: Kepolisian sektor (polsek), dianggap punya kewenangan menegakkan hukum. Kabareskrim Polri, Irjen Listyo Sigit Prabowo, menilai seluruh anggota polisi dibekali pemahaman terkait hal itu.
 
"Jadi, polsek boleh melakukan upaya penegakan hukum jika memang dibutuhkan," kata Listyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020.
 
Baca:Keberadaan Polsek Mudahkan Pelayanan Masyarakat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Listyo meyakini anggota polsek mampu memberirestoratif justice (keadilan) kepada masyarakat. Misalnya, menyelesaikan perkara sederhana seperti sengketa keluarga.
 
Perkara itu bisa dimediasi anggota di polsek dengan pendekatan yang lebih humanis. Tujuannya, sengketa diakhiri dengan kesepakatan damai. Dengan demikian, penegakan hukum yang lebih formal tidak perlu dilakukan.
 
Polsek Punya Wewenang Penegakan Hukum
Ilustrasi/Medcom.id.
 
"Karena, apa pun ceritanya penegakan hukum itu ultimum remedium artinya harus ada kemaslahatan, harus ada keadilan yang dirasakan oleh masyarakat," kata Listyo.
 
Menko Polhukam, Mahfud MD berencana menghilangkan fungsi penyelidikan dan penyidikan di tingkat kepolisian sektor (polsek). Polsek bakal diminta lebih fokus menjalankan fungsi pengayoman kepada masyarakat.
 
Baca:Wacana Polsek Tak Menangani Pidana Perlu Penguatan Anggaran
 
"Polsek-polsek itu kalau bisa tidak lakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi dia bangun tertib dan nyaman, pengayoman ke masyarakat. Soal kasus pidana itu ke polres kota dan kabupaten," kata Mahfud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Menurut Mahfud, wacana ini bagian dari upaya memperbaiki struktur kepolisian. Alasan lainnya, kejaksaan dan pengadilan hanya ada di tingkat kabupaten/kota.
 
"Polsek seringkali pakai target. Kalau enggak pakai pidana, dianggap tidak bekerja," ujarnya.

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif