Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Pembuat dan Penyebar Hoaks Korona Seharusnya Diancam Denda Rp1 Miliar

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 08 April 2020 16:46
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta aparat berwajib tidak mengategorikan pelaku yang terlibat dalam kasus hoaks. Pembuat dan penyebar harus dihukum.
 
"Termasuk pelanggaran hukum dan aturan yang ada di Indonesia baik Kitab Undang-Undang (UU) Hukum Pidana (KUHP) maupun UU ITE yang saat ini kita gunakan di dalam negeri," kata Johnny di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Matraman, Jakarta, Rabu, 8 April 2020.
 
Politikus NasDem itu menjelaskan Pasal 45 UU ITE disebutkan bahwa ancaman hukuman penjara penyebar hoaks yaitu enam tahun. Pelaku juga diancam denda Rp1 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bansos Didistribusikan Langsung ke Rumah-rumah
 
Menurut Johnny, saat ini pihak kepolisian tengah mengusut 77 kasus hoaks yang berkaitan dengan virus korona. Semua pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka.
 
"Dan 12 diantaranya sudah ditahan, 65 masih dalam proses pendalaman," kata dia.
 
Johnny mengingatkan masyarakat cerdas dalam menggunakan platform media sosial. Jangan sampai terlibat memproduksi dan menyebarkan isu hoaks karena berdampak secara hukum.
 
"Sekali lagi kami menyampaikan kepada masyarakat marilah saatnya kita di momentum saat ini untuk menggunakan seluruh fasilitas di dalam ruang digital kita secara cerdas," ujar dia.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif