Ketua KPK Firli Bahuri. Dok. Humas KPK.
Ketua KPK Firli Bahuri. Dok. Humas KPK.

Ini Cara Memberantas Korupsi di Indonesia

Nasional KPK kasus korupsi Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 25 April 2022 06:36
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan semua pemangku kepentingan harus mau bekerja sama dalam pemberantasan korupsi. Semua pihak harus ikut membangun orkestrasi agar praktik koruptif bisa dihilangkan.
 
"Membangun orkestrasi pemberantasan korupsi merupakan langkah efektif dan komprehensif pemberantasan korupsi," kata Firli melalui keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.
 
Firli mengatakan KPK tidak cuma diperintahkan untuk menggelar operasi tangkap tangan (OTT) oleh undang-undang. Lembaga Antikorupsi juga punya tugas mencegah, mendidik masyarakat, dan memperbaiki sistem antikorupsi yang ada di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perbaikan sistem ini yang harus dikerjakan bersama. KPK harus menggandeng banyak pihak agar orkestrasi pemberantasan korupsi bergema.
 
"Pencegahan dengan perbaikan sistem membuat tidak ada peluang dan celah melakukan korupsi, karena budaya akan tercipta dari sini," ujar Firli.
 
Baca: Firli: Pemberantasan Korupsi Bukan Fiksi
 
Pendidikan antikorupsi untuk masyarakat juga tidak bisa dijalankan sendiri. KPK butuh bantuan banyak pihak untuk menimbulkan ekosistem antikorupsi yang baik di kalangan masyarakat.
 
Namun, orkestrasi ini tidak akan melemahkan upaya penindakan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Firli menjamin penindakan tetap tajam. Salah satunya dengan menerapkan pasal pencucian uang pada setiap penanganan kasus korupsi.
 
"Dalam hal ini KPK telah meminta kepada DPR RI untuk membahas dan mengundangkan RUU Perampasan Aset. Penindakan tetap kita lakukan karena kejahatan dan penjahat tak bisa hilang 100 persen," ucap Firli.
 
Firli berharap orkestrasi ini tetap bergema ke depannya. Dia meyakini korupsi bisa hilang bila rencana ini berjalan lancar.
 
"Kami berharap bahwa orkestrasi pemberantasan korupsi ini semakin lama semakin menunjukkan kematangannya, sehingga manfaat dan efek baiknya dapat dilihat oleh rakyat banyak," tutur Firli.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif