KPK Akan Periksa Sejumlah Anggota DPR
Juru Bicara KPK Febri Diansyah--MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Sejumlah anggota DPR RI akan dipanggil tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pekan ini. Para legislator ini akan diperiksa secara maraton sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi KTP-el, yang menjerat Irvanto Hendra Pambudi (IHP) dan Made Oka Masagung (MOM).

"Minggu ini rencana diagendakan pemeriksaan sejumlah saksi dari DPR," kata juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jakarta, Senin, 4 Mei 2018.

Namun, Febri enggan menyebut nama-nama yang masuk dalam daftar saksi kasus korupsi KTP-el. Dia hanya menjelaskan jika pemeriksaan ini dilakukan karena penyidik masih membutuhkan keterangan para saksi untuk membuat kasus korupsi megaproyek bernilai Rp5,8 triliun itu lebih terang.


"Penyidikan KTP-el masih terus berjalan, kami masih perlu periksa saksi-saksi," pungkasnya.

KPK sendiri telah memanggil Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sebagai saksi untuk Irvanto dan Made Oka. Dalam pemeriksaan, Bamsoet akan dikonfirmasi soal aliran korupsi KTP-el kepada sejumlah pihak, khususnya ke anggota legislatif lain.

Baca: KPK Periksa Bamsoet Terkait Korupsi KTP-el

Selain soal aliran dana, penyidik juga akan mengonfirmasi Bamsoet perihal proses penganggaran pengadaan proyek KTP-el tersebut. Kuat dugaan, pemeriksaan terhadap Bamsoet berkaitan dengan pengembangan korupsi KTP-el.

KPK baru-baru ini memberi sinyal tengah membuka penyelidikan baru kasus dugaan korupsi KTP-el. Tak menutup kemungkinan bakal ada tersangka baru dalam kasus korupsi yang telah merugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

Sayangnya, Lembaga Antirasuah masih menolak merinci pihak dari mana yang akan menjadi tersangka baru dalam kasus ini. KPK belum mau berbicara banyak apakah pihak yang tengah dibidik dari cluster legislatif, swasta atau pejabat Kementerian Dalam Negeri.

Hingga saat ini, kasus korupsi KTP-el masih terus bergulir. Bahkan dalam proses penyidikan sampai ke persidangan, sejumlah nama lama atau pun nama baru yang diduga terlibat terus bermunculan.

Sementara, pihak yang terbukti terlibat pun telah menjadi pesakitan KPK. Mereka di antaranya, Irman, Sugiharto, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Setya Novanto, Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo dan teranyar Irvanto serta Made Oka.




(YDH)