Politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Politikus NasDem Nilai KPK Tetap Perlu Diawasi

Nasional kpk
M Sholahadhin Azhar • 07 Mei 2019 21:40
Jakarta: Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Irma Suryani Chaniago mengusulkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki lembaga pengawas. Menurut dia, hal ini penting agar KPK tak melampaui kewenangan.
 
Irma memastikan usulan tersebut tak bertujuan untuk melemahkan KPK. "Kita sepakat kalau korupsi harus diberantas, tetapi KPK sebagai lembaga superbody bukan berarti KPK lepas dari pengawasan karena KPK bukan malaikat," kata Irma dalam diskusi 'Menakar Independensi KPK, Partisan Politik atau Netral’ di Cikini Jakarta Pusat, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Menurutnya, pengawasan ini penting untuk memisahkan KPK dari kepentingan politik. Sebab hal itu berdampak buruk, seperti menciptakan segregasi antar penyidik dan membuat lembaga tak profesional menangani kasus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengawasan, secara teknis akan mengklarifikasi hal tersebut. Misalnya ketika ada indikasi personel KPK yang bersikap politis. Jika terbukti, maka akan dikenai sanksi.
 
"Jika ada penyidik KPK berpolitik praktis itu akhirnya akan membuat masyarakat tidak percaya lagi pada KPK," ujar dia.
 
Baca:Kinerja KPK Perlu Diawasi Lembaga Etik
 
Irma tak menampik ada isu berkembang di masyarakat terkait penyidik yang memihak salah satu pasangan calon pemilihan presiden. Dengan demikian, unsur pengawasan mendesak dilakukan.
 
Irma percaya hal tersebut bisa menyelesaikan isu keterkaitan politis. Sehingga tak menjadi polemik di tengah masyarakat dan mengembalikan kepercayaan pada KPK.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif