Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Penahanan 4 Tersangka Pengaturan Skor Diperpanjang

Nasional Pengaturan Skor Sepak Bola
Siti Yona Hukmana • 05 Januari 2019 18:11
Jakarta: Masa penahanan empat tersangka kasus pengaturan skor sepak bola diperpanjang. Penahanan ditambah selama 40 hari.

"Keempat tersangka sudah diajukan perpanjangan penahanan untuk 40 hari ke depan ke kejaksaan," kata Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Sabtu, 5 Januari 2019.

Empat tersangka itu ditahan di rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya. Mereka yakni, anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto alias Mbah Putih, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng, mantan Wasit Futsal Anik Yuni Artika Sari dan ayahnya yang merupakan Mantan Anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Argo menyebut perpanjangan penahanan demi kepentingan penyidikan. Johar Lin Eng, Priyanto, dan Anik Yuni Artika Sari diduga terlibat dalam pengaturan skor di Liga 3 di Jawa Tengah. Salah satunya terlibat dalam pengaturan skor laga Persibara Banjarnegara. "Pengembangan daripada kasus Persibara Banjarnegara ini sedang dilakukan penyelidikan," ujar Argo.

(Baca juga: 60 Laporan Pengaturan Skor Diselidiki)

Sebelumnya, Satgas Antimafia Bola menerima laporan dari manajer klub Persibara Banjarnegara Lasmi Indaryani terkait dugaan pengaturan skor. Laporan itu terkait adanya sejumlah pihak yang meminta uang agar salah satu tim bisa naik dari Liga 3 ke Liga 2.

"Setelah dilakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi dan setelah dilaksanakan mekanisme gelar perkara maka pada 24 Desember 2018 telah dinaikkan ke penyidikan," kata Argo dalam keterangannya, Rabu, 26 Desember 2018.

Laporan Lasmi itu teregistrasi dengan nomor LP/6990/XII/2018/PMJ/Dit Reskrimum, tanggal 19 Desember 2018. Lasmi melaporkan Anik Yuni dan Priyanto. Keduanya dilaporkan melanggar Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU RI Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. 




(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi