Susunan majelis hakim sidang kasus dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Susunan majelis hakim sidang kasus dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

7 Hakim Sidangkan 6 Perkara Jiwasraya Sekaligus

Nasional Jiwasraya
Fachri Audhia Hafiez • 03 Juni 2020 12:54
Jakarta: Sidang kasus dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjerat enam tersangka. Hakim yang mengadili perkara tersebut berjumlah tujuh orang.
 
Ketua Majelis Hakim Rosmina menjelaskan, tujuh hakim yang duduk di muka persidangan karena enam perkara tersebut disidangkan sekaligus. Setiap nomor perkara ditangani lima hakim.
 
"Setiap terdakwa hakimnya terdiri dari 5 orang. Tapi kami hadirkan tujuh di sini supaya karena kita periksa sekaligus. Kami sepakat dengan itu," kata Ketua Majelis Hakim Rosmina saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Rabu, 3 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Enam Tersangka Korupsi Jiwasraya Menjalani Sidang Perdana
 
Perkara nomor 29/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst untuk terdakwa Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro diketuai hakim Rosmina. Kemudian anggota majelis Saifuddin Zuhri, Susanti, Anwar dan Ugo.
 
Perkara nomor 30/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst untuk terdakwa Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat diketuai oleh Saifuddin Zuhri. Anggota majelis hakim yakni Rosmina, Susanti, Sigit, dan Titi Susanti.
 
Kemudian perkara nomor 31/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst dengan terdakwa Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo susunannya majelis sama dengan perkara Benny Tjokrosaputro. Perkara nomor 32/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst untuk terdakwa Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018 Hendrisman Rahim komposisi majelis sama dengan Heru Hidayat.
 
"Nomor 33/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst tanggal 22 Mei 2020 perkara Syahmirwan (mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya) Pak Saifuddin juga. Nomor 34/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst untuk Joko Hartono Tirto (Direktur Utama PT Maxima Integra) saya sebagai ketua majelis," jelas Rosmina.
 
Penuntut umum maupun penasehat hukum masing-masing terdakwa menyetujui hal itu. Rosmina juga mengingatkan agar selama persidangan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan.
 
"Tolong agar kita tetap menjaga protokol kesehatan," ujar Rosmina.
 
Baca: Hakim Keluhkan Pengunjung Sidang Jiwasraya Tak Jaga Jarak
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif