Niat Menyogok Seleksi Bintara Polri, Orang Tua Kena Tipu Rp320 Juta

Ilham wibowo 10 Juli 2018 12:05 WIB
penipuan
Niat Menyogok Seleksi Bintara Polri, Orang Tua Kena Tipu Rp320 Juta
Ilustrasi Polri - Medcom.id
Jakarta: Orang tua salah satu calon siswa Bintara Polri nekat menghalalkan segala cara agar anaknya lolos seleksi anggota Korps Bhayangkara. Niatan itu gagal usai ditipu setelah menyetorkan uang. 

"Modus menjanjikan calon siswa Bintara yang sudah gugur akan dimasukan Bintara Polisi melalui jalur khusus dengan nilai kerugian sekitar Rp320.000.000," beber Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto melalui keterangan tertulis, Selasa, 10 Juli 2018. 

Arief memaparkan kasus ini bermula saat orang tua calon siswa mendapat iming-iming dari seorang paranormal bernama Sodikun. Pelaku berjanji meloloskan anaknya pada seleksi Polda Kawa Timur 2018. 


Sodikun turut serta dengan temannya M. Ali. Pada korban, M. Ali dikenalkan sebagai anggota Polri sekaligus staf Kepresidenan. 
 
"Korban menemui Sodikun yang mengaku sebagai paranormal. Dia meminta tolong supaya anaknya dapat ikut kembali tahapan seleksi dan bisa masuk Polri,” papar Arief. 

Temuan penipuan ini, kata Arief, usai kedua tersangka bertengkar lantaran pembagian duit sogokan. Jatanras Polda Jateng kemudian melakukan pendalaman hingga akhirnya ditemukan motif penipuan. 

“Pelaku ini ngaku-ngaku saja bisa meloloskan padahal mereka ini penipu. Semuanya abal-abal. Pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan,” ujar Arief. 

Arief menegaskan bakal ada sanksi tegas terhadap kegiatan menyimpang dalam proses seleksi calon siswa Bintara Polri. Sistem penyederhanaan informasi kandidat kini menjamin tak ada lagi cara penerimaan calon anggota Polri dengan cara menyogok, bayar, minta tolong, katabelece, maupun sponsorship.

"Kami punya aplikasi realtime, di panitia daerah bisa diketahui berapa jumlah pendaftar. Nanti kami akan terapkan untuk mengetahui hasil tes. Begitu tes hasilnya langsung muncul di android. Hasil psikotes diketahui misalnya, langsung kita entry sistem," tandas dia. 

Tahun ini Polri merekrut 8.400 orang Bintara, dengan rincian 8.000 pria dan 400 perempuan. Seleksi Bintara ini dilakukan di masing-masing Polda di Indonesia sejak 11 April 2018. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id