ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

OTT Disebut Bisa Bongkar Rahasia Tersangka Korupsi

Nasional KPK OTT KPK Perbudakan Modern Bupati Langkat Terbit Rencana
Siti Yona Hukmana • 27 Januari 2022 22:27
Jakarta: Operasi Tangkap Tangan (OTT) dinilai efektif memberantas tindak pidana korupsi (tipikor). Dengan OTT, kasus korupsi di ruangan gelap yang hanya diketahui para pelaku akan terbongkar.
 
"Demikian juga tentang rahasia para pelaku tipikor yang berhasil dibongkar melalui OTT saat penggeledahan," kata mantan penyidik KPK Yudi Purnomo dalam akun YouTube pribadinya seperti dipantau Medcom.id, Kamis, 27 Januari 2022. 
 
Yudi mengatakan salah satu rahasia tersangka korupsi yang terbongkar ialah Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. KPK menemukan kerangkeng manusia di rumah pribadi Terbit saat penggeledahan. Hal itu dianggap temuan tak terduga. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada penemuan kerangkeng di rumah Bupati Langkat dalam OTT adalah hal yang tidak pernah diduga," ujar aparatur sipil negara (ASN) Polri itu. 
 
Maka itu, kata dia, OTT KPK senjata penegak hukum yang ditakuti para koruptor. Pasalnya, kejahatan lain yang disembunyikan akan tercium.
 
Baca: Kerangkeng Manusia Bupati Langkat
 
Yudi menyebut penyidik KPK tak jarang menemukan hal menarik saat rangkaian OTT. Baik di rumah pribadi, rumah dinas, kantor, apartemen dan tempat tertutup lainnya. 
 
Bukti itu ada uang tunai hasil penerimaan suap hingga terduga pelaku penerima dan pemberi uang haram tersebut. Oleh sebab itu, kata dia, OTT yang melibatkan kepala daerah bisa sampai ke pejabat tingkat nasional.
 
"Atau yang jumlahnya sedikit ratusan juta bisa mencapai ratusan miliar," ucap Yudi. 
 
Tujuan penggeledahan yang hanya untuk mencari bukti tambahan pun diwarnai dengan penemuan bukti lain. Menurutnya, penyidik pernah menemukan ganja dan senjata api di rumah tersangka korupsi.
 
Bahkan, di rumah Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Peranginangin juga ditemukan satwa dilindungi selain kerangkeng manusia. Meski begitu, fokus penyidik KPK disebut hanya terkait alat bukti kasus korupsi yang menjeratnya.
 
Penemuan dugaan tindak pidana lain akan diserahkan ke kepolisian setempat yang ikut dalam proses penggeledahan tersebut. "Jadi nanti diserahkan ke pihak kepolisian untuk memperdalam oleh mereka. KPK hanya sampai membuat berita acara pemeriksaan (BAP) serah terima," ucap Yudi. 
 
Yudi menyemangati para penyidik KPK untuk terus komitmen dalam pemberantasan korupsi. Agar Indonesia bisa seperti negara maju lainnya. 
 
"Dengan salah satu syaratnya adalah menjadi negara bebas korupsi," kata Yudi.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif