Wakil Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Rian Ernest. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Wakil Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Rian Ernest. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Anggota Pansus Wagub DKI Laporkan Rian Ernest

Nasional pencemaran nama baik
Siti Yona Hukmana • 18 Juli 2019 17:47
Jakarta: Anggota DPRD DKI Jakarta Taufiqurrahman resmi melaporkan Wakil Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Rian Ernest Tanudjaja. Rian dinilai memfitnah legislator DKI terkait dugaan politik uang.
 
"Laporan saya diterima hari ini oleh Polda Metro Jaya dan ke depan sama-sama saya pribadi berdoa agar proses laporan ini berjalan lancar dan hukum benar-benar ditegakkan," kata Taufiq di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli 2019.
 
Anggota panitia khusus (pansus) pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta itu tak terima dengan tudingan politik uang tersebut. Menurutnya, pernyataan itu seharusnya tidak disampaikan secara terbuka tapi langsung dilaporkan ke aparat penegak hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau sekiranya ada hal-hal yang menganjal, ganjil, yang mencurigakan, apalagi ini menyerempet kasus korupsi baiknya langsung lapor ke KPK, kepolisian atau ke kejaksaan terserah," ungkapnya.
 
Kader Partai Demokrat itu merasa dirugikan atas sikap petinggi PSI tersebut. Menurut dia, pernyataan yang dilontarkan Rian telah mencemarkan nama baik anggota DPRD DKI.
 
Baca: Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI Diprediksi Molor
 
Taufiqurrahman menilai pernyataan itu mengganggu kinerja pansus wagub DKI. Ia pun meminta Rian membuktikan tudingan itu.
 
"Persoalan ini saya tarik jadi persoalan yang ingin mengajak ke saudara terlapor (Rian), ayo buktikan omongannya, buktikan tuduhannya," imbuh Taufiq.
 
Laporan Taufiq teregistrasi dengan nomor LP/4341/VII/2019/PMJ/Dit. Reskrimum tanggal, 18 Juli 2019. Terlapor Rian Ernest dikenakan Pasal 310 ayat 1 KUHP dan atau Pasal 311 ayat 1 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1, 2 UU Nomor 1 Tahun 1945 Tentang Peraturan Hukum Pidana.
 
Rian disangka telah melakukan pencemaran nama baik dan atau fitnah dan atau menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran.
 
"Dalam laporan ini saya membawa barang bukti seperti keterangan pers, kemudian cuplikan video," pungkasnya.
 
Tudingan politik uang dalam pemilihan wagub DKI itu disampaikan Rian dalam konferensi pers di Kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019. Rian menyebut transaksi uang ditujukan agar legislator DKI mau datang dan memenuhi syarat kuorum pemilihan wagub.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif