Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. (BRANDAANTARA/HO-Humas Reis Masella)
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. (BRANDAANTARA/HO-Humas Reis Masella)

KPK Pertimbangkan Penerapan Pasal Pencucian Uang di Kasus Bupati Mamberamo Tengah

Candra Yuri Nuralam • 24 November 2022 09:22
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan ini sibuk mengusut kepemilikan aset Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Lembaga Antikorupsi itu sedang menganalisis penerapan pasal pencucian uang dalan kasus Ricky.
 
"Masih dalam analisis (dugaan pencucian uang)," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Kamis, 24 November 2022.
 
Ali mengatakan pihaknya tidak segan menerapkan pasal pencucian uang ke Ricky jika ditemukan bukti permulaan yang cukup. Apalagi, Lembaga Antikorupsi berambisi memaksimalkan pemulihan aset negara dari tindakan korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ingin sampaikan bahwa dalam penanganan perkara oleh KPK selalu kami kejar dan optimalkan asset recoverynya. Salah satu caranya tentu melalui penerapan TPPU (tindak pidana pencucian uang)," ujar Ali.

Baca: Alasan Eks Presiden ACT Belum Dijerat dengan Pasal Pencucian Uang


Sebelumnya, KPK menyita sebuah mobil Alphard dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah. Mobil mewah itu diyakini milik Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawai.
 
"Saat ini, mobil tersebut sudah diamankan dan segera akan didalami lebih lanjut terkait dugaan kepemilikannya," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 17 November 2022.
 
Ali mengatakan pihaknya terus mendalami penggunaan uang suap yang diduga diterima Ricky. Mobil itu diyakini salah satu barang yang dibeli Ricky pakai uang suap.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif