Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Ceramahi Politikus Golkar, Lili Singgung Legislator Terjerat Korupsi

Fachri Audhia Hafiez • 28 Juni 2022 10:42
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar memberikan ceramah kepada politikus Partai Golongan Karya (Golkar). Kegiatan ini dalam rangka acara politik cerdas berintegritas (PCB) yang diselenggarakan KPK.
 
"Sejak KPK berdiri tahun 2003 yang lalu, ada lebih 300 anggota parlemen Indonesia ini telah ditangkap dalam hal tindak pidana korupsi," kata Lili di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.
 
Lili membeberkan ada 20 gubernur yang ditangkap KPK. Kemudian, 140 bupati dan wali kota serta 30 menteri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Juga ada banyak tokoh-tokoh politik lain, yang juga diambil karena tindak pidana korupsi," ujar Lili.
 
Lili menyayangkan banyak tokoh dari kalangan partai politik (parpol) yang terjerat korupsi. Padahal, kata dia, kehadiran parpol penting dalam iklim demokrasi.
 
"Tentu melihat kenyataan ini, sulit kita bisa membayangkan bagaimana Indonesia memiliki wakil-wakil partai yang berintegritas yang bersih dari korupsi," ucap Lili.
 
Kegiatan PCB, kata Lili, bagian dari rangkaian pendidikan antikorupsi kepada seluruh kader partai politik di Indonesia. Peran Partai Golkar sebagai peserta dalam kegiatan tersebut diharapkan mengimplementasikan hasil dari acara itu.
 
"Kita harapkan dapat diimplementasikan dalam berbagai aksi yang nyata dalam gerakan antikorupsi, khususnya di lingkungan partai politik," kata Lili.
 

Baca: Firli: Tujuan Negara Sulit Terwujud Bila Korupsi Merajalela


Acara ini merupakan kelanjutan dari pertemuan petinggi partai yang sudah digelar KPK beberapa waktu lalu. Tiap partai yang menjadi peserta program politik cerdas berintegritas dipastikan bakal diberikan bekal antikorupsi oleh KPK.
 
Sebanyak 20 parpol diundang KPK dalam acara perdana program politik cerdas berintegritas. Partai yang diundang merupakan peserta ajang kontestasi politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Rinciannya ialah Partai NasDem, Partai Amanat Rakyat (PAN), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Demokrat (PD).
 
KPK juga mengundang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), dan Partai Golongan Karya (Golkar). Kemudian, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP Indonesia), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Aceh (PA), Partai Daerah Aceh (PD Aceh), Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA).
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif