Jaksa Keberatan dengan Saksi Ahli yang Dihadirkan Fredrich
Fredrich Yunadi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) keberatan terhadap saksi ahli yang dihadirkan oleh terdakwa Fredrich Yunadi. Jaksa memohon majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menolak saksi yang dihadirkan Fredrich.
 
Pada sidang kali ini, Fredrich menghadirkan tiga saksi ahli, antara lain Fauzie Yusuf Hasibuan selaku Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), advokat Ahmad Yani, dan dosen pascasarjana Universitas Pakuan Bogor, Yogi Fernando. Keberatan jaksa ditujukan kepada Fauzie, lantaran Fredrich dan Fauzi berada dalam satu organisasi.
 
"Kami takut ada conflict of interest. Apalagi Fauzie Hasibuan satu organisasi dengan terdakwa," ujar jaksa Roy Riady di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Mei 2018.

Baca: Bimanesh Merasa Dijebak Oleh Fredrich

Jaksa juga menyebut dugaan pelanggaran kode etik advokat yang dilakukan Fredrich belum diputus oleh Peradi. Ia khawatir dalam keterangannya nanti Fauzie tak bisa objektif.
 
Namun demikian, Fredrich berdalih jika kapasitas Fauzie pada sidang kali ini bukan sebagai Ketua Umum Peradi. Menurut tim kuasa hukum, dihadirkannya Fauzie dalam sidang kali ini sebagai dosen dari Universitas Jayabaya.
 
Ketua majelis hakim Syaifuddin Zuhri sempat menawarkan agar Fauzie memberi keterangan sebagai saksi meringankan. Namun, setelah majelis hakim bermusyawarah, tiga ahli yang dihadirkan Fredrich tetap diperbolehkan untuk memberikan keterangan dalam persidangan.
 
"Keberatan JPU kami catat, tapi sudah kami putuskan semua akan kami periksa sebagai ahli dan akan kami sumpah," tegas hakim Syaifudin.
 




(FZN)