NEWSTICKER
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Usulan Polsek Tak Usut Pidana Perlu Dikaji

Nasional polri
Kautsar Widya Prabowo • 19 Februari 2020 19:41
Jakarta: Polri akan mengkaji lebih lanjut usulan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk menghilangkan kewenangan penyelidikan dan penyidikan di tingkat kepolisian sektor (polsek). Wacana tersebut meniru pembagian tugas wilayah polisi di beberapa negara lain.
 
"Pak Menko Polhukam (Mahfud MD) sebagai ketua Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) memberikan wacana itu, perlu didiskusikan. Sampai hari ini, kewenangan untuk penyelidikan dan penyidikan sampai di tingkat polsek," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Berkaca dari Jepang, polisi di tingkat setara polsek hanya bertugas melayani masyarakat. Urusan pidana diserahkan pada tingkat kepolisian resort (polres). Tugas polisi di polsek dalam pengusutan pidana hanya perbantuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Polsek hanya mengamankan orang, barang bukti, dan saksi," tutur dia.
 
Tugas mengayomi masyarakat sudah melekat ke setiap anggota Korps Bahyangkara, mulai tingkat pusat hingga polsek. Polisi di Indonesia tak kenal pembagian wilayah tugas spesifik untuk mengayomi masyarakat.
 
Dia menyebut polsek tetap dibutuhkan walau nanti wewenang pengusutan pidana tak lagi ada. Polisi tidak terkendala dalam menegakkan hukum pada wilayah yang sulit dijangkau karena ada ribuan polsek di bawah 34 kepolisian daerah (polda).
 
Usulan Polsek Tak Usut Pidana Perlu Dikaji
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Medcom/Nur Azizah
 
Mahfud MD berencana menghilangkan fungsi penyelidikan dan penyidikan di tingkat kepolisian sektor (polsek). Petugas polsek bakal diminta lebih fokus menjalankan fungsi pengayoman kepada masyarakat.
 
"Polsek-polsek itu kalau bisa tidak lakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi dia bangun tertib dan nyaman, pengayoman ke masyarakat. Soal kasus pidana itu ke polres kota dan kabupaten," kata Mahfud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Februari 2020.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif