Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI
Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI

KPK Geledah Kantor DPRD Jawa Barat

Nasional kpk Kasus Suap kasus korupsi
Candra Yuri Nuralam • 03 Desember 2020 16:17
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor DPRD Jawa Barat. Penggeledahan ini dilakukan untuk mengumpulkan bukti kasus dugaan suap untuk pengaturan proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu pada 2019.
 
"Penyidik menemukan dan mengamankan sejumlah dokumen antara lain terkait penganggaran Banprov, rekapitulasi usulan program kegiatan, dan dokumen lain yang terkait dengan perkara ini," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Desember 2020.
 
Bukti itu akan digunakan penyidik untuk membongkar pemufakatan jahat yang dilakukan anggota DPRD Jawa Barat periode 2014-2019 dan 2019-2024, Abdul Rozaq Muslim. Semua bukti itu akan didalami penyidik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seluruh dokumen tersebut akan dianalisa dan dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara tersebut," ujar Ali.
 
Baca: KPK Periksa 14 Saksi Terkait Korupsi Pengaturan Proyek di Indramayu
 
Abdul diduga menerima uang sejumlah Rp8,5 miliar secara bertahap dari pihak swasta Carsa. Fulus itu sebagai perjanjian fee hasil usaha Abdul memenangkan Carsa, agar menggarap proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.
 
Abdul ditetapkan sebagai tersangka hasil pengembangan perkara yang dilakukan penyidik KPK. Sebelumnya, KPK menetapkan empat orang yang terjaring tangkap tangan KPK pada 15 Oktober 2019 sebagai tersangka.
 
Mereka ialah Bupati Indramayu periode 2014-2019 Supendi, eks Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Indramayu Omarsyah, Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triyono, serta Carsa AS. Mereka divonis majelis hakim tindak pidana korupsi (tipikor) dan telah berkekuatan hukum tetap.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif