Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pelaku Teror di Sigi Berjumlah 8 Orang

Nasional terorisme pembunuhan teroris kasus pembunuhan
Siti Yona Hukmana • 30 November 2020 12:32
Jakarta: Satgas Tinombala yang merupakan gabungan TNI-Polri telah memeriksa saksi atas aksi penyerangan dan teror yang menewaskan empat warga di Dusun Tokelemo, Desa Lemba Tongoa, Palolo, Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Pelaku teror diduga merupakan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.
 
"Pembunuhan dan pembakaran dilakukan oleh kelompok MIT. Berdasarkan keterangan saksi jumlah mereka ada delapan orang, setelah dicocokkan dengan gambar daftar pencarian orang (DPO) saksi menyatakan sama," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Didik Supranoto saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 30 November 2020.
 
Satgas Tinombala tengah mencari tahu keberadaan kelompok MIT tersebut. Termasuk memburu terduga delapan pelaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai saat ini Satgas Tinombala melakukan pengejaran di wilayah Sigi, Parigi, dan Poso," ujar Didik.
 
Baca: Perpres Pelibatan TNI Menangani Terorisme Perlu Disahkan
 
Didik mengatakan dalam insiden tersebut tidak ada tempat ibadah seperti gereja yang dibakar oleh kelompok MIT. Dia memastikan pelaku hanya membakar rumah.
 
"Tidak ada gereja yang terbakar. Tapi, dari tujuh rumah warga, salah satunya kadang-kadang dipakai kegiatan agama atau pos pelayanan umat, empat terbakar habis, tiga terbakar bagian dapur," jelas Didik.
 
Satu keluarga di Desa Lemba Tongoa, Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah, dibunuh pada Jumat, 27 November 2020. Pelaku diduga kelompok MIT.
 
Pada peristiwa itu, satu rumah pelayanan atau rumah yang dijadikan sebagai tempat ibadah oleh warga turut dibakar. Perkampungan dihuni sekitar 40 kepala keluarga (KK).
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif