Pengungkapan gembong pencurian modus pecah kaca mobil di Jakarta Utara. Medcom.id/Yurike Budiman
Pengungkapan gembong pencurian modus pecah kaca mobil di Jakarta Utara. Medcom.id/Yurike Budiman

Dua Penadah Barang Curian Modus Pecah Kaca Mobil Ditangkap

Nasional pencurian
Yurike Budiman • 01 Desember 2020 05:12
Jakarta: SA dan MSN, dua penadah barang curian modus pecah kaca mobil, ditangkap. Penangkapan keduanya pengembangan kasus SL dan AJ yang telah dicokok terlebih dulu.
 
"Dari hasil pengembangan, Tim Opsnal, melakukan penangkapan terhadap penadah dengan inisial SA dan MSN di daerah Koja," jelas Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Sudjarwoko di Mapolres Jakarta Utara, Senin, 30 November 2020.
 
SL dan SJ tersangka utama pencurian modus pecah kaca ditangkap berbekal sejumlah barang bukti, termasuk CCTV di lokasi kejadian. Polisi menangkap keduanya dalam 6 jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, SA dan MSN merupakan penadah barang hasil curian dari SL dan AJ. Setelah mendapat hasil curian, SA dan MSN menjual barang curian pelaku utama seharga Rp3,5 juta.
 
"Sedangkan tersangka yang melakukan pencurian mendapat keuntungan sebesar Rp800 ribu," ujarnya.
 
Modus operandi kedua tersangka utama diawali dengan berpatroli mencari target. Mereka menggunakan sebuah minibus setiap kali beraksi.
 
"Tersangka melihat dan mencari sasaran mobil-mobil mewah yang terparkir tanpa pengawasan yang ketat, lalu mendekati sasaran, dan parkir di sebelah mobil yang menjadi target mereka," jelasnya.
 
Tersangka memecahkan kaca, masuk ke dalam mobil, dan melepas barang-barang yang diincar. Mereka beraksi sekitar 10 menit.
 
Polisi menyita sejumlah barang bukti di antaranya, dashboard, audio tape, speedometer, hingga blower AC bernilai jutaan rupiah. SL dan AJ dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. SA dan MSN selaku penadah disangkakan pasal 480 KUHP tentang penadahan.
 
Sebelumnya, peristiwa pecah kaca ini dialami korban bernama Supriyanto. Dia sedang berolahraga dan memarkirkan kendaraannya di area parkir GOR Jakarta Utara. Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 25 November 2020.
 
Usai berolahraga, Supriyanto kembali ke mobil Honda HRV miliknya dan melihat kaca bagian depan sudah pecah. Dashboard, speedometer, dan cover AC miliknya raib disikat pelaku.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif