Ilustrasi. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)
Ilustrasi. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Pembahasan RUU Ditargetkan Selesai Sebelum Ganti Periode

Nasional berita dpr
Gervin Nathaniel Purba • 30 April 2019 15:31
Jakarta: DPR mencatat masih banyak tugas dan fungsi yang belum diselesaikan pada sisa akhir masa jabatan. Salah satunya, penyelesaian pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) bagi DPR RI, dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) bagi DPRD yang harus dituntaskan sebelum periode berganti.
 
Kepala Pusat Pemantauan Pelaksanaan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI Rudi Rochmansyah menjelaskan, sesuai dengan data dan informasi Pusat Perancangan Undang-Undang BK DPR RI, ada target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang akan diselesaikan pada akhir masa jabatan keanggotaan DPR RI periode 2014-2019.
 
Sebanyak 21 RUU ditargetkan akan rampung pada akhir masa jabatan keanggotaan DPR RI. Kegiatan penyelesaian target legislasi ini juga dilakukan DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan DPR RI pada akhir masa jabatan periode keanggotaan ini juga dilakukan DPRD Kabupaten Banyuwangi, yang akan menyelesaikan pembahasan kurang lebih empat Raperda. Itu akan diupayakan selesai pada akhir masa jabatan keanggotaan DPRD,” kata Rudi Rochmansyah, usai menerima kunjungan konsultasi DPRD Kabupaten Banyuwangi, dikutip dpr.go.id, Selasa, 30 April 2019.
 
Selain 21 RUU yang akan diselesaikan, ada juga tambahan enam RUU yang diupayakan masuk dalam pembahasan Prolegnas Prioritas 2019. Keenam RUU tersebut yaitu RUU tentang MPR RI, RUU tentang DPR RI, RUU tentang DPD RI, RUU tentang Etika Lembaga Perwakilan, dan RUU tentang Hubungan Antar Lembaga. Dari keenam RUU itu, DPRD Kabupaten Banyuwangi berharap DPRD juga bisa dibuatkan aturan sendiri.
 
“DPRD menyambut baik apabila DPRD akan diatur oleh sebuah UU sendiri. Tidak lagi menjadi bagian dari unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang diharapkan dapat melakukan kegiatan yang optimal seperti DPR RI,” kata Rudi.
 
Rudi optimistis DPR RI akan menyelesaikan seluruh RUU tersebut pada akhir masa jabatan. Sebagai supporting system dewan, pihaknya akan memberikan dukungan secara optimal kepada dewan untuk menyelesaikan tugas-tugas anggota dewan yang belum tuntas.
 
Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banyuwangi Handoko menyampaikan akan mematangkan empat Raperda yang akan diselesaikan pada akhir masa jabatan periode 2014-2019. Dirinya optimistis seluruhnya dapat diselesaikan pada sisa masa jabatan yang ada saat ini.
 
“Sehabis dari DPR RI ini tentunya langsung menggenjot menyelesaikan beberapa rancangan peraturan daerah yang kami bahas kemarin di tingkat-tingkat yang lama,” ujar Handoko.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif