Muhammad Rizieq Shihab. MI/Ramdani
Muhammad Rizieq Shihab. MI/Ramdani

Spesimen Swab Antigen Rizieq Diuji Atas Nama Muhammad R

Nasional Virus Korona Penegakan Hukum Rizieq Shihab covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab
Zaenal Arifin • 21 April 2021 15:10
Jakarta: Uji spesimen sampel tes swab antigen Muhammad Rizieq Shihab pada November 2020 tidak dilakukan di Rumah Sakit UMMI Bogor, tempat dirinya dirawat. Uji spesimen itu dilakukan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, dengan menggunakan nama tak lengkap.
 
Dokter spesialis patologi klinik RSCM, Nuri Dyah Indrasari, yang dihadirkan sebagai saksi membeberkan kronologi pemeriksaan spesimen. Pada Jumat, 27 November 2020, petugas RSCM menerima pendaftaran laboratorium dan menerima sampel swab dalam virus transport medium (VTM).
 
"Waktu dikonfirmasi itu dari dokter Habib (Hadiki Habib)," kata Nuri dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu, 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Nuri dan petugas RSCM lain tidak mengetahui spesimen itu milik Rizieq Shihab. Sebab, spesimen swab dari dokter Hadiki Habib, yang merupakan relawan Tim Mer-C sekaligus tenaga kesehatan RSCM, tertulis nama Muhammad R, bukan Rizieq Shihab.
 
"Jadi pada 28 November, bahan yang diterima kemudian dikerjakan PCR dan hasilnya keluar sekitar pukul 4 sore. Hasilnya keluar sebagai positif covid-19. Jadi waktu itu diantar atas nama Muhammad R sesuai formulir permintaan," ujar Nuri.
 
Baca: Terungkap, Tes Antigen Rizieq Reaktif sebelum Dirujuk ke RS UMMI
 
Nuri menjelaskan laboratorium hanya membutuhkan identitas pasien, tanggal lahir, dan alamat pasien yang spesimennya diuji. Hal ini pula yang membuat petugas laboratorium RSCM tidak menanyakan kepanjangan R dari nama Muhammad R karena data dirinya dianggap sudah lengkap.
 
"Jadi bagi kami di laboratorium itu sudah cukup identifikasi," tuturnya.
 
Penanganan uji spesimen swab Rizieq Shihab ini yang membuat Nuri dihadirkan jadi saksi dari pihak JPU. Jaksa turut menghadirkan Hadiki Habib dan Ketua Presidium Mer-C Sarbini Abdul Murad.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif