Mantan Gubernur Riau Annas Maamun. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Mantan Gubernur Riau Annas Maamun. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Dakwaan Annas Maamun Diserahkan ke PN Pekanbaru

Nasional KPK kasus korupsi Penegakan Hukum Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 12 Mei 2022 15:28
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan dakwaan mantan Gubernur Riau Annas Maamun. Dakwaan itu langsung diserahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru.
 
"Jaksa KPK Yoga Pratomo telah melimpahkan berkas perkara berikut surat dakwaan terdakwa Anas Maamun ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Baca: Annas Maamun Ditahan KPK Lagi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Annas kini menjadi tahanan pengadilan. Penahanan dia masih di Rumah Tahanan (Rutan) KPK pada Kavling C1 dengan status titipan.
 
KPK kini tinggal menunggu penetapan sidang perdana dari pengadilan. Jadwal sidang perdana beragendakan pembacaan dakwaan dari kubu jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK.
 
Annas kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengesahan RAPBDP Tahun Anggaran 2014 dan RAPDB Tahun Anggaran 2016 Provinsi Riau. KPK telah memeriksa 78 saksi dan menyita uang Rp200 juta dalam kasus ini.
 
KPK menyiapkan dua dakwaan untuk Annas. Pertama, dia disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) dan (2) UU Tipikor. Selain itu, dia disangkakan melanggar Pasal 13 UU Tipikor.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif