Sebanyak 24 bidang lahan dan bangunan di Tanah Galian, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dibongkar untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Istimewa
Sebanyak 24 bidang lahan dan bangunan di Tanah Galian, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dibongkar untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Istimewa

24 Bangunan di Halim Dibongkar untuk Proyek Kereta Cepat

Nasional kereta cepat
Achmad Zulfikar Fazli • 21 Juli 2020 22:58
Jakarta: Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur mengeksekusi lahan dan bangunan untuk proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di Tanah Galian, Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur. Sebanyak 24 bidang lahan dan bangunan dibongkar.
 
Eksekusi mengacu pada surat penetapan dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur No. 10/2020 Eks Jo No.39/Pdt.P/Cons/2019/PN.jkt.Tim. Proses pembebasan melalui sistem konsinyasi. Konsinyasi merupakan penitipan ganti rugi di Pengadilan.
 
Pemohon konsinyasi yakni PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). PSBI menitipkan uang ganti kerugian ke PN Jakarta Timur untuk 24 bidang yang dimohonkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petugas PN Jakarta Timur membacakan surat penetapan sebelum melakukan eksekusi. Barang-barang yang ada di dalam bangunan pun dibantu dikeluarkan. Dengan menggunakan alat berat, petugas kemudian meratakan bangunan yang dieksekusi.
 
"Menetapkan, satu mengabulkan permohonan pemohon eksekusi tersebut di atas. Dua memerintahkan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Timur, atau apabila ia berhalangan dapat diganti oleh wakilnya yang sah dengan disertai dua saksi yang telah memenuhi syarat untuk melaksanakan eksekusi pengosongan dan penyerahan terhadap (24 nomor bidang)," kata juru sita PN Jakarta Timur Rudi Hermanto saat membacakan penetapan pengadilan di lokasi eksekusi, Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.
 
Dalam surat penetapan itu, pengadilan juga memerintahkan panitera pengadilan atau wakilnya yang sah untuk meminta bantuan pengamanan dari alat kekuasan negara, sehingga eksekusi dapat terlaksana sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Atas penetapan itu, proses eksekusi pun dikawal aparat dan petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan petugas lainnya.
 
Baca: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diyakini Siap Beroperasi Akhir 2021
 
PN Jakarta Timur sebelumnya sudah mengeksekusi beberapa bidang lahan dan bangunan lain untuk proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Kereta cepat ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2021.
 
Terdapat empat stasiun yang menyokong jalur kereta cepat Jakarta-Bandung, yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini, dan Stasiun Tegalluar. Kereta cepat ini memangkas waktu tempuh perjalanan Jakarta-Bandung menjadi sekitar 46 menit.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif