Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal

Hoaks, Program Mudik Sehat Blue Bird 2020

Nasional mudik lebaran Virus Korona hoax
Siti Yona Hukmana • 19 Mei 2020 16:24
Jakarta: Beredar penawaran "Mudik Sehat PSBB 2020" oleh Big Bird dari Blue Bird Group dengan harga Rp650 ribu di media sosial WhatsApp. Iklan itu menyasar masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman.
 
Polda Metro Jaya menggelar audiensi dengan Blue Bird Group untuk memastikan kebenaran informasi itu. Blue Bird diketahui tidak membuka jasa mudik pada Lebaran 2020.
 
"Pihak Blue Bird atau Big Bird menyatakan bahwa penyebaran informasi program 'Mudik Sehat PSBB 2020' itu tanpa sepengetahuan direksi dan pimpinan Blue Bird atau Big Bird," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusri mengatakan pihak Blue Bird berkomitmen mematuhi aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kebijakan untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) itu masih berlaku di Ibu Kota hingga 22 Mei 2020.
 
"Sehingga tidak ada rencana menjalankan program 'Mudik Sehat PSBB 2020' itu," jelas Yusri.
 
Namun Yusri mengatakan, informasi jasa mudik sehat disebar karyawan Blue Bird. Karyawan tersebut memasangflyer informasi di status WhatsApp. Blue Bird, kata Yusri, akan melakukan audit internal dan mencari karyawan yang menyebarkan gambar desain flyer itu.
 
Pihak Blue Bird juga berjanji mengabarkan informasi perkembangan kasus itu ke Polda Metro Jaya. "Dan akan melaporkan hasil audit internal ke pihak Ditlantas PMJ," ujar Yusri.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif