Ilustrasi KPK/MI
Ilustrasi KPK/MI

KPK Temukan Gratifikasi Rp15 Juta di PN Jakbar

Nasional Kasus Suap
Candra Yuri Nuralam • 12 Februari 2020 16:02
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung (MA) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jumat 5 Februari 2020. Lembaga Antirasuah menemukan uang gratifikasi Rp15 juta.
 
"Meskipun jumlah dugaan penerimaan gratifikasi terbilang kecil, namun hal ini perlu dilakukan sekaligus untuk memperkuat APIP (Aparatur Pengawas Internal Pemerintah) yang ada di MA," kata Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Uang diduga berasal dari praktik gratifikasi oknum pegawai Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Oknum langsung diserahkan ke Bawas MA untuk diproses secara etik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tindak lanjut operasi tersebut sepenuhnya menjadi wewenang Bawas MA, baik melakukan pemeriksaan pihak-pihak terkait yang di duga sebagai penerima maupun sebagai pemberi uang. Namun, apabila diperlukan bantuan lebih lanjut, KPK tentu siap," ujar Ali.
 
KPK Temukan Gratifikasi Rp15 Juta di PN Jakbar
Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
 
Sidak ini berdasarkan laporan Bawas MA terkait dugaan adanya praktik suap dan gratifikasi oknum pegawai Pengadilan Negeri Jakarta Barat.
 
KPK menyayangkan praktik korupsi marak terjadi di lingkungan pengadilan. Sidak semacam ini akan semakin digencarkan.
 
"Kerja sama KPK dan Bawas MA ini diharapkan menjadi aspek jera agar pegawai lain baik hakim, panitera, dan seluruh pegawai pada lingkungan MA agar tidak melakukan perbuatan yang serupa," ucap dia.
 

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif