Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.

Gugatan Soal Posisi Bambang di TGUPP Ditolak

Nasional pemprov dki
Fachri Audhia Hafiez • 22 Januari 2020 10:45
Jakarta: Gugatan pengacara Otto Cornelis (OC) Kaligis terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pengangkatan Bambang Widjojanto (BW) sebagai Ketua Komite Pencegahan Korupsi di Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) ditolak Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Amar putusan ini disampaikan melalui sidang putusan sela.
 
"Mengabulkan eksepsi kompetensi absolut Tergugat," bunyi putusan sela tersebut melansir laman sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) PN Jakarta Pusat, Rabu, 22 Januari 2020.
 
PN Jakpus juga menyatakan tidak berwenang memeriksa dan memutus perkara yang didaftarkan pada 12 Juli 2019 tersebut. Penggugat turut dihukum membayar biaya perkara sejumlah Rp1.491.000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sidang Perkara nomor 397/Pdt.G/2019/PN Jkt.Pst tersebut digelar pada Selasa, 21 Januari 2020. Sidang dipimpin Hakim Ketua Rosmina, kemudian Panji Surono dan Bintang Al selaku anggota majelis. Atas putusan itu, OC Kaligis selaku penggugat menyatakan banding.
 
Dalam petitumnya, OC Kaligis meminta BW selaku Ketua Komite Pencegahan Korupsi TGUPP dibatalkan. OC Kaligis meminta Anies mencopot mantan Wakil Ketua KPK itu dari posisinya sebagai Ketua TGUPP.
 
"Menjatuhkan putusan provisi dengan menyatakan bahwa pengangkatan Bambang Widjojanto selaku Ketua Komite Pencegahan Korupsi pada Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan dibatalkan, sebelum diadakan pemeriksaan pokok perkara," bunyi petitum permohonan OC Kaligis.
 
Selain itu dalam gugatan yang dikabulkan majelis hakim PN Jakpus Anies diwajibkan membayar kerugian materil senilai Rp1 juta atas perbuatan melawan hukum.
 
"Menghukum tergugat untuk membayar ganti kerugian kepada penggugat atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh tergugat dengan rincian sebagai berikut: Kerugian materil bahwa sebagai akibat dari Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan oleh tergugat, maka penggugat mengalami kerugian materiil sebesar Rp1.000.000," tutup petitum tersebut.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif