NEWSTICKER
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan)
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan)

Dugaan Keterlibatan Kader Gerindra di Asrama Mahasiswa Papua Diusut

Nasional Kerusuhan Manokwari
Theofilus Ifan Sucipto • 22 Agustus 2019 16:09
Jakarta: Kepolisian mengusut dugaan keterlibatan kader Partai Gerindra Tri Susanti atau Mak Susi, atas keributan dalam aksi Asrama Mahasiswa Papua (AMP), di Surabaya, Jawa Timur. Susi disebut-sebut sebagai koordinator lapangan (korlap) aksi.
 
"Kita masih lakukan pendalaman terhadap informasi itu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Agustus 2019.
 
Asep menyebut kepolisian turut mendalami video Susi yang tersebar di media sosial. Pihaknya juga menanti respons Partai Gerindra yang kabarnya juga tengah menelusuri keterlibatan Susi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sama-sama akan melihat bagaimana perkembangan situasi yang ada," imbuhnya.
 
Nama Susi sempat ramai saat menjadi salah satu saksi Prabowo-Sandi dalam kasus sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Susi juga menjadi salah satu perwakilan masyarakat yang mendatangi AMP saat keributan terjadi.
 
Baca juga:Kapolda Pastikan Papua Aman
 
Dalam perkembangannya, Susi telah dipanggil Polda Jawa Timur bersama perwakilan ormas lainnya. Ia pun telah meminta maaf terkait adanya salah satu oknum yang meneriakkan kalimat rasial terhadap warga asal Papua di Surabaya.
 
"Kami atas nama masyarakat Surabaya dan dari rekan-rekan ormas menyampaikan permohonan maaf apabila ada masyarakat atau pihak lain yang sempat meneriakkan itu," kata dia.
 
Susi mengaku mendatangi AMP untuk membela Merah Putih yang isunya dirusak dan dibuang ke selokan atau got, persis di depan AMP. "Kami hanya ingin menegakkan bendera merah putih di sebuah asrama yang selama ini mereka menolak untuk memasang. Jadi ini bukan agenda yang pertama kali," kata Susi.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan akan menginvestigasi kadernya yang diduga terlibat kasus kerusuhan mahasiswa Papua di Jawa Timur. "Saya enggak pernah tahu itu. Nanti akan kita investigasi dahulu," kata Fadli Zon, usai mendatangi AMP di Jalan Kalasan Surabaya, Rabu, 21 Agustus 2019.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif