PT NKE Diperiksa sebagai Tersangka Korporasi
Juru bicara KPK Febri Diansyah/ANT/Aprilio Akbar
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan PT DGI, yang kini bernama PT Nusa Konstruksi Engginering (NKE). PT NKE diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Udayana Tahun Anggaran 2009-2011.

"PT NKE diperiksa sebagai tersangka," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin, 2 Juli 2018.

PT DGI sebagai korporasi, saat itu diduga merugikan uang negara Rp25 miliar dari proyek bernilai Rp138 miliar tersebut. Penyidik menduga ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan PT DGI dalam pelaksaan proyek.


Beberapa dugaan pelanggaran itu ialah adanya rekayasa penyusunan harga perkiraan sendiri (HPS). Perusahaan itu juga diduga merekayasa lelang dengan mengondisikan PT DGI sebagai pemenang.

Penyidik juga mengendus adanya aliran dana dari PT DGI ke perusahaan lain. PT DGI serta perusahaan-perusahaan yang dikelola M Nazaruddin juga diduga menyuap pejabat pembuat komitmen (PPK) dan panitia lelang.

Semua pelanggaran PT DGI diketahui setelah penyidik menjerat sekaligus menahan Direktur Utama PT DGI Dudung Purwadi.

PT DGI disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id