Wakil Ketua KPK Alexander Marwata/Medcom.id/Fachri
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata/Medcom.id/Fachri

Sejumlah Saksi Terus Dipanggil Mendalami Informasi Soal Formula E

Candra Yuri Nuralam • 26 November 2021 08:48
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut dugaan rasuah ajang balap Formula E. Sejumlah saksi terus dipanggil untuk mendalami informasi tentang Formula E.
 
"Kita itu istilahnya mengundang para pihak yang kami duga mengetahui pokok persoalan untuk dilakukan klarifikasi terhadap berbagai informasi yang kami terima dari masyarakat," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Jumat, 26 November 2021.
 
Alex mengatakan semua informasi yang masuk ke 'telinga' KPK akan dikonfirmasi kepada pihak yang dipanggil. Lembaga Antikorupsi tidak akan meremehkan satu pun informasi terkait ajang balap mobil listrik itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPK Dalami Aliran Dana Pembayaran Formula E
 
"Misalnya terkait jumlah biaya, proses perencanaannya dulu seperti apa terkait dengan tiba-tiba kok Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menyelenggarakan Formula E apakah memang jauh-jauh hari sudah dibahas dengan DPRD, bagaimana penganggarannya, terus ke pihak siapa uangnya, komitmen fee-nya disetorkan," ujar Alex.
 
KPK juga mendalami alasan studi banding ke negara lain untuk pelaksanaan ajang balap itu. Namun, Alex enggan memerinci lebih jauh perkara ini, karena kasus masih dalam tahap penyelidikan dan informasi terkait bersifat rahasia.
 
Korps Antirasuah memastikan penyelidikan rasuah dalam ajang balap Formula E tidak sembarangan. Kasus itu dibuka karena KPK mengantongi bukti.
 
"Seluruhnya didasarkan pada kecukupan bukti-bukti yang membuat terangnya suatu konstruksi peristiwa pidana korupsi," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 15 September 2021.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif