Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bidang politik, Muhamad Haripin. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bidang politik, Muhamad Haripin. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

LIPI: Diskresi Polisi Rentan Penyalahgunaan Wewenang

Nasional polri
Ilham Pratama Putra • 05 Juli 2019 02:50
Jakarta: Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bidang politik, Muhamad Haripin menilai diskresi kepolisian rentan terjadi tindak penyalahgunaan wewenang. Apalagi kinerja Polri sulit diawasi lantaran struktur yang begitu kompleks.
 
"Struktur Polri ada yang nasional dan regional. Banyak hal yang sulit diawasi sehingga membuka kemungkinan pelanggran penggunaan wewenang oleh Polri sendiri," kata Haripin di Kantor LIPI, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Kompleksnya struktur Polri akibat adanya sub-unit yang membidangi banyak aspek. Hal ini turut memperumit pengawasan pada Polri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika di jalan raya ada Lantas, lalu ada Reserse, Intelkam, Sabhara, dan sebagainya. Tiap unit itu punya tugas berbeda. Intinya kompleks," ujarnya.
 
Jika Kompolnas seolah tak punya taring dalam mengawasi kinerja Polri, Haripin memilih berharap pada Ombudsman.
 
"Kalau sekarang Kompolnas setengah-setengah karena ikut Polri. Kalau bisa, yang indpenden yang punya wewenang lebih kuat dari sekarang. Ombudsman sudah mulai meningkatlah kelihatannya," tutur Haripin.
 
LIPI menegaskan pengawasan diperlukan demi mewujudkan polisi yang profesional dan modern. "Kita mengaharapkan ada invisible hand yang bisa menjamin warga negara dalam menjalankan kehidupannya," pungkas Haripin.

 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif