Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman. Metro TV.
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman. Metro TV.

Primetime News

Terlibat 5 Kasus Suap, MAKI Ungkap Potensi Azis Kembali Jadi Tersangka

Nasional KPK partai golkar Kasus Suap kasus korupsi Penegakan Hukum Azis Syamsuddin Tersangka
MetroTV • 25 September 2021 21:09
Jakarta: Nama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin ternyata tak hanya muncul dalam kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) di Lampung Tengah, Lampung pada 2017. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Azis diduga terlibat empat kasus suap lainnya. 
 
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan, Azis Syamsuddin berpotensi kembali menjadi tersangka dalam kasus korupsi lainnya. Salah satunya,  kasus korupsi Bupati Kutai Kartanegara 2010, Rita Widyasari.
 
“Ranking satu kasus itu Lampung Tengah, kedua itu kasus Rita Widyasari, ketiga itu kasus Tanjung Balai. Nah, ranking dua ini yang agak saya khawatir,” kata Boyamin dalam tayangan Primetime News Metro TV pada Sabtu, 25 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Boyamin menjelaskan potensi ini terkait dengan berbagai dokumen dan data yang tengah dianalisis MAKI. Ini dalam rangka mengurus peninjauan kembali Rita Widyasari dengan harapan putusan bebas.
 
“Saya punya catatan dan saya menyerahkan ke KPK bukti cek peralihan uang dari rupiah ke dollar Singapura itu sampai di angka dua miliar, dan itu hanya oleh perusahaan yang jadi saksinya Rita,” jelas Boyamin.
 
Boyamin menerangkan, setidaknya terdapat fakta terkait keterlibatan Azis Syamsuddin dalam kasus ini. Ia menambahkan, perkenalan antara Rita Widyasari dengan Mantan Penyidik KPK, Robin Pattuju pun berasal dari Azis Syamsuddin.
 
“Proses aliran-aliran segala macem kan dari Tanjung Balai. Akhirnya terungkap dari ini, menyeret yang Lampung Tengah, Rita, dan mungkin juga yang lain-lain,” terang dia. (Nadia Ayu)
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif