Polri Bantah Isu Jenderal 'Bermain' di Indonesialeaks

Dian Ihsan Siregar 15 Oktober 2018 15:38 WIB
Buku Merah KPK
Polri Bantah Isu Jenderal 'Bermain' di Indonesialeaks
Ilustrasi Gedung Mabes Polri--MI/Ramdani
Jakarta: Polri menepis adanya isu jenderal bintang tiga yang 'bermain' di isu yang diselisik platform Indonesialeaks. Menurutnya, Polri tak memiliki kubu.

"Wah tidak ada itu (tidak ada jenderal bintang ‎tiga bermain di Indonesialeaks). Kami tetap solid, Polri solid," kata Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Setyo Wasisto di Gedung PTIK, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018.

Polri akan terus berkoordinasi di internal kepolisian dalam memutuskan investigasi pada ulasan berita Indonesialeaks. "Kami lakukan konsolidasi dulu. Tapi, saya nyatakan Polri solid. Itu saja," ujar dia.


Sebelumnya, Anggota Komisi III Masinton Pasaribu menyebut ada agenda politis di balik munculnya isu gratifikasi terhadap Jenderal Tito Karnavian. Isu itu tak lepas dari skenario mendorong percepatan suksesi kepemimpinan di tubuh Polri. "Target utamanya adalah mengganti Jenderal Tito Karnavian sebagai kapolri,” kata Masinton.

Menurutnya, celah pembusukan yang bisa dilakukan adalah dengan memainkan isu korupsi. Isu ini dianggap seksi untuk dilempar ke publik.

Baca: Masinton Bela Jenderal Tito

Sebaliknya, politikus PDI Perjuangan itu justru melihat kinerja Tito kinclong dan diakui dunia internasional.

Masinton menjabarkan kelompok penekan itu memainkan publikasi isu melalui situs Indonesialeaks. Material isu utamanya disuplai dari oknum sempalan penyidik KPK dengan kasus gratifikasi impor daging yang melibatkan Basuki Hariman, pemilik CV Sumber Laut Perkasa.

Basuki adalah tersangka KPK dalam kasus suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar.

“Oknum jenderal yang baru dilantik sebagai pejabat bintang tiga di Polri ini kasak-kusuk membangun lobi vertikal. Sembari membangun pencitraan sebagai jenderal yang bersih dan berintegritas,” kata Masinton.‎



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id