Salinan Putusan Kasasi Baiq Nuril Sudah Dikirim
Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi mengaku salinan putusan kasasi Baiq Nuril sudah dikirim ke Pengadilan Negeri Mataram. Salinan dikirim beberapa hari lalu. 

"Sudah dikirim kok beberapa hari yang lampau," kata Suhadi kepada Medcom.id di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu, 28 November 2018. 

Suhadi tak memerinci waktu pasti salinan putusan itu dikirimkan. Salinan putusan langsung dikirimkan ke PN setempat. 


Setelah itu, PN akan mengirimkan salinan putusan itu kepada pihak yang berpekara. "Pengadilan nanti mengirim kepada jaksa, pengadu, dan terdakwa," kata Suhadi. 

Baiq Nuril, mantan tenaga honorer SMAN 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang terjerat kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), menunggu salinan putusan kasasi Mahkamah Agung. Salinan putusannya ditunggu untuk acuan dalam merampungkan memori pengajuan upaya hukum luar biasanya atau Peninjauan Kembali (PK).
  
Baca juga: Putusan MA Terkait Nuril Dinilai Janggal

"Sampai sekarang salinan putusannya belum kami terima. Jadi kami harus melihat putusan kasasinya dulu, baru bisa mengajukan PK," kata kuasa hukum Baiq, Joko Jumadi, Senin, 26 November 2018.

Pengadilan Negeri Mataram mengaku belum menerima salinan putusan dari MA. Mereka baru menerima petikan putusan kasasi itu.

Mahkamah Agung melalui Majelis Kasasi yang dipimpin Hakim Agung Sri Murwahyuni, pada 26 September 2018, menjatuhkan vonis hukuman kepada Baiq Nuril selama enam bulan penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan.

Dalam putusannya, Majelis Kasasi Mahkamah Agung menganulir putusan pengadilan tingkat pertama di Pengadilan Negeri Mataram yang menyatakan Baiq Nuril bebas dari seluruh tuntutan dan tidak bersalah melanggar Pasal 27 Ayat 1 Juncto Pasal 45 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id