Sidang pembacaan tuntutan untuk Lucas/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Sidang pembacaan tuntutan untuk Lucas/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Advokat Lucas Menghadapi Vonis

Nasional kasus suap suap di ma
Fachri Audhia Hafiez • 20 Maret 2019 07:29
Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjadwalkan sidang pembacaan putusan terhadap terdakwa Lucas. Advokat tersebut sebelumnya didakwa merintangi penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap terpidana kasus suap pada panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Eddy Sindoro.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun Medcom.id, sidang dengan nomor perkara 90/Pid.Sus-TPK/2018/PN Jkt.Pst itu berlangsung pukul 10.00 WIB, Rabu, 20 Maret 2019. Sidang akan digelar di Ruang Wirjono Projodikoro II, Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Baca: KPK Tegaskan Bukti Lucas Merintangi Penyidikan Kuat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK sebelumnya menuntut Lucas dengan hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp600 juta subsider enam bulan kurungan. Lucas dianggap sengaja menyarankan Eddy tak kembali ke Indonesia meski sedang dicari Lembaga Antirasuah.
 
Lucas juga diyakini menyarankan Eddy melepas kewarganegaraan Indonesia sebagai upaya lepas dari jeratan hukum. Eddy sempat menghilang dan berada di luar negeri selama dua tahun, sejak kasusnya terendus KPK pada 2016.
 
Jaksa menilai Lucas tidak punya iktikad baik memberi tahu keberadaan Eddy kepada KPK. Dia juga dianggap menghendaki Eddy tidak diperiksa penyidik dengan mengeluarkan Eddy dari Indonesia tanpa melalui prosedur penumpang dalam negeri.
 
Baca: Jaksa Tak Melihat Hal Meringankan di Lucas
 
Adapun hal-hal yang memberatkan tuntutan Lucas ialah tidak mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi. Perbuatannya juga sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip negara hukum dan profesinya sebagai penegak hukum atau advokat. Sementara hal-hal yang meringankan hukuman dinyatakan tidak ada.
 
Lucas dijerat Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif