Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Polisi Periksa Dahnil Hari Ini

Nasional kasus korupsi
Siti Yona Hukmana • 23 November 2018 09:13
Jakarta: Polda Metro Jaya memanggil Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Juru bicara Prabowo-Sandiaga itu akan diperiksa terkait kasus dugaan penyimpangan anggaran kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI tahun anggaran 2017.
 
Dahnil diagendakan diperiksa penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pukul 10.00 WIB.
 
Selain Dahnil, polisi juga memeriksa perwakilan PP Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani. Fanani menjabat sebagai ketua panitia dalam acara kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia saat itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Intinya Pak Dahnil sebagai ketua dikonfirmasi dulu sama Ketua Panitia Fanani. Itu saja," ujar Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan saat diklarifikasi, Jumat, 23 November 2018.
 
Bhakti mengaku, dalam kasus ini sudah memanggil Gerakan Pemuda (GP) Anshor dan Kemenpora RI. "Kalau GP Ansor, Kemenpora kami sudah panggil semua dan datang. Ini kan kegiatan ada dua yang diselenggarakan dari Muhammadiyah sama GP Ansor," terangnya.
 
Baca: Polisi Panggil Dahnil Anzar Terkait Kasus Korupsi
 
Sementara, Fanani sebelumnya sudah pernah dijadwalkan untuk dimintai keterangan. Namun dia tidak hadir.
 
Bhakti berharap, pemeriksaan hari ini dipenuhi Fanani. Namun, jika belum bisa hadir juga, ia ingin anggota PP Muhammadiyah itu memberikan alasan yang jelas.
 
"Kalau alasan bisa diterima sesuai KUHP, nanti kita jadwalkan ulang. Tapi, kalau enggak bisa diterima, kita kirim panggilan kedua," tandasnya.
 
Sebelumnya, polisi telah mengeluarkan surat perintah penyelidikan untuk mengusut kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenpora pada 2017 itu. Berdasarkan hasil gelar perkara dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), polisi menduga adanya unsur pidana dalam kegiatan yang digelar menggunakan anggaran Kemenpora tersebut.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif