Presiden Jokowi hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 9 Desember 2921. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Presiden Jokowi hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 9 Desember 2921. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Presiden: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Harus Lebih Baik

Nasional KPK Jokowi kasus korupsi Hari Antikorupsi Internasional Penegakan Hukum
Candra Yuri Nuralam • 09 Desember 2021 10:13
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh aparat penegak hukum, mulai dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, hingga Kejaksaan Agung, mengambil cara-cara luar biasa dalam perang melawan rasuah. Presiden ingin indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia 2021 meningkat.
 
"Kalau dibandingkan negara-negara tetangga, ranking persepsi korupsi kita masih perlu diperbaiki," ujar Jokowi dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 9 Desember 2921.
 
Kepala Negara menyoroti IPK Indonesia 2020 yang dirilis Transparency International Indonesia (TII). Indonesia mendapat skor 37. IPK menggunakan skala 0 (korupsi tinggi) hingga 100 (korupsi rendah).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemanfaatan Teknologi Minim, Biaya Politik Tetap Mahal
 
Skor IPK ini membuat Indonesia hanya menempati peringkat 102 dari 180 negara. Sementara itu, Malaysia di peringkat 57, Brunei Darussalam posisi ke-35, dan Singapura di urutan ke-3.
 
Kendati peringkat Indonesia di level internasional masih buruk, Kepala Negara menyebut penanganan korupsi di dalam negeri sudah membaik. Hal itu ditandai dengan naiknya indeks perilaku antikorupsi (IPAK) dalam rilis Badan Pusat Statistik (BPS).
 
Pada 2021, IPAK Indonesia mencapai 3,88 pada skala 0 sampai 5. Nilai 5 menunjukkan masyarakat berperilaku antikorupsi, sebaliknya 0 menggambarkan masyarakat permisif terhadap korupsi. IPAK 2021 naik dari capaian 2020, yakni 3,84, dan di 2019 yang hanya 3,7.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif