Mantan pelaksana tugas (Plt.) Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji. ANT/Akbar Nugroho Gumay
Mantan pelaksana tugas (Plt.) Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji. ANT/Akbar Nugroho Gumay

KPK Disarankan Gunakan Anggaran Sesuai Kebutuhan

Nasional kpk DPR RI
Cahya Mulyana • 17 Oktober 2020 09:53
Jakarta: Mantan punggawa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat suara mengenai rencana pembelian mobil dinas mewah di era Firli Bahuri. Lembaga Antikorupsi semestinya membuat pengadaan sesuai kebutuhan organisasi.
 
"Masalahnya bukan pada fantastis atau tidak harga kendaraan, tapi lebih pada kebutuhan lembaga atas pemanfaatan sarana kendaraan bagi lembaga," kata mantan pelaksana tugas (Plt.) Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji kepada Media Indonesia, Sabtu, 17 Oktober 2020.
 
Indriyanto tak masalah dengan pengadaan mobil dinas sepanjang ada standarisasi di kementerian dan lembaga lain. Namun, dia mengingatkan sarana dan anggaran pengadaan yang tinggi tidak perlu dipenuhi dengan kendaraan dinas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, budaya KPK telah dibangun dengan bertumpu pada kesederhanaan. Selama ini KPK membatasi diri antara kebutuhan sarana kendaraan lembaga dengan kesediaan anggaran yang dinilai fantastis.
 
"Artinya tetap bisa menunda atau bisa diteruskan dengan mempertimbangkan kesederhanaan dan mempertimbangkan standarisasi keseragaman dengan kebutuhan yang sama dengan institusi lain," tutur dia.
 
KPK menganggarkan pengadaan mobil dinas beserta mobil jemputan lain senilai Rp47,7 miliar. Aggaran untuk pembelian mobil dinas baru bagi Ketua KPK Firli Bahuri senilai Rp1,45 miliar dan empat pimpinan lain mendapat anggaran Rp1 miliar.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif