Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. MI/Susanto
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. MI/Susanto

Mahfud MD Minta KPK Tutup Kuping dengan Nada Sumbang

Nasional kpk mahfud md Dewan Pengawas KPK
Fachri Audhia Hafiez • 28 Februari 2021 12:02
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus bekerja sesuai tanggung jawab sebagai penegak hukum. Lembaga Antikorupsi tak perlu mengomentari opini yang berkembang.
 
"KPK jangan mau diombang-ambingkan oleh opini. Mau dinilai lebih baik atau lebih jelek tak perlu dijawab. Biar masyarakat berbicara dengan fakta dan data," kata Mahfud melalui akun Twitter pribadinya, Minggu, 28 Februari 2021.
 
Hal tersebut dikatakan Mahfud sesuai pijakan pimpinan KPK yang pernah menyatakan 'Biar kami dituding lemah atau tidak baik, tapi kami akan berusaha berbuat baik'. Namun, Mahfud tak menyebut sosok pimpinan KPK itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Setahun UU Baru, Kinerja KPK Dinilai Merosot)
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menyinggung isu pelemahan KPK. Menurut Mahfud, upaya melemahkan KPK selalu terjadi tiap periode.
 
"Tapi KPK tetap tegar. Karena sistem dan mekanisme KPK kuat," ucap dia.
 
Mahfud mengatakan saat ini kinerja KPK telah diperkuat dengan sejumlah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Salah satunya penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 102 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
"Selain ada Dewan Pengawas KPK yang kredibel, pemerintah juga sudah membekali KPK dengan Perpres untuk melakukan supervisi termasuk ambil alih kasus dari kejagung dan Polri, jika perlu," ucap Mahfud.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif