Plt juru bicara KPK Ipi Maryati/MI
Plt juru bicara KPK Ipi Maryati/MI

Pimpinan Instansi Diminta Melarang Penggunaan Mobil Dinas untuk Mudik

Nasional KPK Mudik Lebaran pns ASN Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Candra Yuri Nuralam • 17 April 2022 08:48
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan pejabat tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik pada lebaran nanti. Mobil dinas bukan untuk kepentingan pribadi seperti mudik.
 
"KPK selalu mengingatkan dan mengimbau kepada pimpinan kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah serta BUMN atau BUMD agar melarang penggunaan fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Sabtu, 16 April 2022.
 
Ipi menegaskan mobil dinas merupakan fasilitas yang diberikan kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk bekerja. Mudik bukan bagian dari kepentingan kedinasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik ini juga untuk tetap menjaga integritas. Lalu, larangan ini juga untuk mencegah adanya benturan kepentingan.
 
KPK meminta seluruh pimpinan lembaga dan kementerian maupun BUMD dan BUMN untuk tegas melarang jajarannya menggunakan mobil dinas untuk mudik. Seluruh pejabat diminta untuk menggunakan pribadi saat mudik.
 
Baca: Menpan RB: ASN Belanjakan THR dan Gaji ke-13 di Daerah
 
"KPK mengapresiasi pimpinan ementerian atau lembaga atau pemerintah daerah serta BUMN atau BUMD yang telah menerbitkan surat edaran atau aturan internal yang melarang penggunaan fasilitas dinas untuk kepentingan di luar kedinasan bagi kalangan internalnya," tutur Ipi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif