Ilustrasi penangkapan pelaku. Medcom.id
Ilustrasi penangkapan pelaku. Medcom.id

Buronan Amerika Masuk Indonesia Pakai Paspor Palsu

Nasional kasus korupsi
Candra Yuri Nuralam • 05 Agustus 2020 19:05
Jakarta: Polri menyebut buronan Amerika bernama Marcus Beam masuk ke Indonesia menggunakan paspor palsu. Marcus akan dibarter dengan dua buronan Indonesia, yakni Indra Budiman dan Sai Ngo yang ditangkap United States Marshals Service (USMS)
 
"Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui tersangka masuk ke Indonesia dengan menggunakan paspor palsu nomor 506009601 atas nama De Mario Corner," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Awi Setyono di Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Marcus ditangkap di Villa 2B Gang Flamboyan, Jalan Raya Grobogan, Kuta Utara, Badung, Bali, Kamis, 23 Juli 2020. Dia ditangkap bersama dengan rekannya saat sedang memproduksi video porno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini sedang menjalani penahanan sementara untuk masa 20 hari terhitung sejak 24 Juli 2020 di Rutan Polda Bali," ujar Awi.
 
Baca: Dua Buronan Asal Indonesia Ditangkap di Amerika
 
Polisi telah berkonsultasi dengan Jenderal RI di Washington, Texas, Amerika, untuk penukaran Marcus dengan Indra dan Sai. Proses barter ini dijamin tetap memperhatikan hak para buronan.
 
"Mempertimbangkan langkah deportasi dengan jaminan resiprositas dari pemerintah Amerika Serikat," tutur Awi.
 
Dua orang buronan Indonesia, Indra Budiman dan Sai Ngo ditangkap oleh United States Marshals Service (USMS). Keduanya merupakan buronan dari kasus yang berbeda.
 
Indra merupakan buronan dalam kasus penipuan dan money laundering terkait penjualan Condotel Swiss Bell di Kuta, Bali, sementara Sai buronan kasus korupsi pengajuan 82 KUR (Kredit Usaha Rakyat) fiktif ke Bank Jatim Cabang Woltermonginsidi Jakarta. Indra ditangkap di California sedangkan Sai ditangkap di Texas.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif