Pendukung Amien Rais Menempel di Gerbang Mapolda Metro
Massa Perkumpulan Alumni (PA) 212 di Gerbang Polda Metro Jaya--Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Anggota Perkumpulan Alumni (PA) 212 mengawal pemeriksaan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais‎. Walaupun tak diperbolehkan masuk, mereka tetap mengawal di gerbang Polda Metro Jaya.

Pantauan Medcom.id, massa bergantian melakukan orasi. Mereka menganggap pemeriksaan Amien rais tidak objektif.

PA 212 juga meminta Polda Metro Jaya mengizinkan perwakilan masuk. Polisi lantas mengizinkan dua orang. Kedua perwakilan PA 212 adalah Ketua PA 212 Slamet Maarif dan Putra Amien Rais, Hanafi Rais.


"Kami minta tiga, tapi hanya dua yang bisa masuk," ujar salah satu orator di Gerbang Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Oktober 2018.

Baca: Amien Rais Memenuhi Panggilan Polisi

Sebelumnya, PA 212 berkumpul di Masjid Al-Munawar, Jakarta Selatan, untuk mengawal pemeriksaan Amien Rais di Polda. Seluruh aktivis yang berangkat dari masjid ini akan berkonvoi dengan motor dan mobil.

Amien Rais diperiksa sebagai saksi terkait kasus penyebaran informasi palsu oleh Ratna Sarumpaet.

Ini merupakan panggilan kedua setelah Amien mangkir pada pemanggilan pertama, Jumat, 5 Oktober 2018. Terkait kasus tersebut, Ratna kini sudah menyandang status tersangka dan telah ditahan sejak Jumat, 5 Oktober 2018, hingga 20 hari ke depan.

Ratna ditangkap di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis, 4 Oktober 2018 malam. Penangkapan dilakukan sebelum ia terbang ke Chile.

Akibat perbuatannya Ratna disangka Pasal 14 Undang-Undang (UU) 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id