Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly. ANT
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly. ANT

Yasonna: Penangkapan Djoko Tjandra Bukti Negara Tak Bisa Dimainkan

Nasional kasus korupsi Djoko Tjandra
Candra Yuri Nuralam • 31 Juli 2020 16:35
Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menegaskan penangkapan terpidana kasus hak tagih Bank Bali Djoko Soegiarto Tjandra bukti keseriusan pemerintah terhadap penegakan hukum. Penangkapan itu juga bukti hukum di Indonesia tak bisa dibeli.
 
"Hal ini juga menjadi pernyataan sikap yang tegas bahwa negara pada akhirnya tidak bisa dipermainkan oleh siapa pun yang mencoba-coba bersiasat mengangkangi hukum di negara ini," kata Yasonna di Jakarta, Jumat, 31 Juli 2020.
 
Yasonna mengatakan penangkapan itu juga mengakhiri kabar persembunyian Djoko Tjandra. Isu Djoko Tjandra disembunyikan aparat hukum dipentalkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelumnya masyarakat menuding kepolisian tak serius mencari tahu dan menangkap Djoko Tjandra. Kini semua bisa melihat bahwa tudingan itu tidak benar," ujar Yasonna.
 
(Baca: Penyelidikan Kasus Djoko Tjandra Dijamin Transparan)
 
Dia berharap ke depan masyarakat tak berburuk sangka dengan aparat penegak hukum di Indonesia. Penangkapan Djoko Tjandra bukti negara tak main-main dengan penjahat.
 
"Penangkapan Djoko Tjandra juga harus menjadi momentum untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum dan aparat penegak hukum di Indonesia," tutur Yasonna.
 
Yasonna mengapresiasi kinerja Polri menangkap buronan 11 tahun itu. Dia berharap proses peradilan Djoko Tjandra transparan agar bisa menguak kasus secara terang benderang.
 
Djoko Tjandra ditangkap di Malaysia. Djoko diterbangkan ke Indonesia dan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Kamis malam, 30 Juli 2020.
 
Penangkapan Djoko buah kerja sama Polri dengan Polis Diraja Malaysia (PDM). Otoritas Negeri Jiran memberi informasi posisi Djoko Kamis siang, 30 Juli 2020.
 

(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif