Ilustrasi. ANTARA FOTO/Suwandy
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Suwandy

Pesepeda Keluar Jalur Bisa Kena Denda

Nasional sepeda
Cindy • 02 Juli 2020 05:20
Jakarta: Polda Metro Jaya mengingatkan para pengguna sepeda untuk tetap mengikuti Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pesepeda dilarang menggunakan jalur yang bukan khusus sepeda.
 
"Di Pasal 299 mengacu pada Pasal 122 UU Lalu Lintas bahwa pengendara sepeda apabila di jalan ruas itu ada (jalur) sepeda memang sebaiknya menggunakan jalur yang sudah diadakan," jelas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Pasal 187 UU Nomor 22 Tahun 2009 juga mengatur hal serupa. Pengendara kendaraan lainnya yang masuk ke jalur sepeda dapat dikenakan denda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi sebetulnya sama-sama berimbang aturan dan denda dari masing-masing kendaraan yang melanggar," kata Sambodo.
 
Bahkan, kata dia, penegakan sanksi denda terhadap kendaraan lain yang masuk jalur sepeda lebih besar ketimbang sepeda yang keluar dari jalurnya. Kendaraan lain yang masuk jalur sepeda dapat didenda Rp500 ribu. Sementara itu, pesepeda yang tidak menggunakan jalur sepeda hanya didenda Rp100 ribu.
 
"Jadi lebih berat kepada para pengendara jalur lain," kata Sambodo.
 
Dia berharap masyarakat mematuhi aturan dan disiplin menggunakan jalur yang telah disediakan. Aturan tersebut semata-mata demi keselamatan para pengguna jalan.
 
Baca: 6 Kawasan di Jakut Dijadikan Jalur Pesepeda
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif