Ilustrasi KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto

KPK Akui Tak Bawa Surat Geledah ke DPP PDIP

Nasional OTT KPK
M Sholahadhin Azhar • 15 Januari 2020 10:49
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut yang terjadi di Kantor DPP PDI Perjuangan pada 9 Januari 2020 bukan gagal geledah. KPK hanya datangmengamankan tempat dan menjaga status quo, tanpa membawa surat penggeledahan.
 
Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut tim yang datang mengamankan lokasi pun tim penyelidik. "Karena penggeledahan itu sesuai dengan KUHP itu dilakukan oleh tim penyidik dan dalam proses penyidikan. Sedangkan pada hari itu, belum dilakukan penyidikan," kata Ali, Selasa malam, 14 Januari 2020.
 
KPK juga tak menyegel ruangan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto di DPP PDIP seperti kabar yang santer beredar di jaringan pewarta. Dia bahkan baru tahu belakangan jika ada penolakan penyegelan dan isu gagal geledah beredar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Target KPK saat itu lebih fokus ke penggeledahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisioner KPU Wahyu Setiawan karena ada kendala teknis. "DPP PDIP kendala teknis, harus izinnya lama kemudian kami bergeser ke KPU," ujar Ali.
 
Dia menyebut tak ada upaya memaksa dalam penyelidikan. Namun, tim penyidik yang bergerak setelahnya dibekali surat dan telah sesuai standar operasi prosedur (SOP) berlaku. Ali mengingatkan semua pihak tak bisa menolak proses penyidikan seperti penggeledahan karena ini upaya paksa yang dijamin hukum.
 
Pihak yang menghalangi terancam melanggar Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi, yakni menghalangi penyidikan. "Di sana jelas, mengganggu proses penyidikan dan penuntutan, ini konteksnya dalam penanganan perkara. Siapa pun (bisa dijerat) ya," tegas dia.
 
Ali menyebut DPP PDIP, kantor Wahyu, dan KPU merupakan tiga target utama. Namun dia menyebut tim KPK fokus ke dua lokasi selain DPP PDIP.
 


 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif