Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)

Ada Dugaan Pedemo Sengaja Membakar Polisi

Nasional demo mahasiswa
Cindy • 16 Agustus 2019 12:56
Jakarta: Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat dan Polres Cianjur melakukan gelar perkara terkait dugaan penganiayaan anggota polisi saat terjadi demonstrasi di Cianjur, Jawa Barat. Sejumlah bukti jadi bekal penyidik merunut peristiwa.
 
"Hari ini akan dilakukan gelar perkara dengan beberapa alat bukti yang sudah diamankan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Dedi membeberkan barang bukti disita di antaranya seragam anggota polisi yang terbakar, ban bekas, jaket almamater, 24 buah telepon genggam, spanduk, dan bendera. Sisa-sisa pembakaran di lokasi kejadian juga turut diambil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sisa residu ini masih didalami. Peserta (diduga sengaja) melempar bensin kepada aparat keamanan," ucap Dedi.
 
Baca juga:4 Anggota Polisi Terbakar Masih Dirawat Intensif
 
Sementara itu, Polda Jawa Barat telah menangkap sebanyak 30 pedemo yang diduga berbuat ricuh. Mereka terdiri dari tujuh kelompok mahasiswa mengatasnamakan Organisasi Cipayung Plus.
 
"Ada elemen dari GMNI, PMII, HMI, HIMAT, CIF, IMM dan PD Hima Persis Cianjur," sambung Dedi.
 
Aksi mahasiswa berujung rusuh terjadi usai aksi bakar ban di depan kantor Pemkab Cianjur, Jawa Barat. Anggota polisi yang tengah berjaga disiram bensin saat berusaha menghalangi dan memadamkan api dari pembakaran ban bekas. Empat petugas dilaporkan terluka.
 
"Aiptu Erwin (dirujuk) ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon ke Rumah Sakit Hasan Sadikin, dan Bripda Anif ke RS Polri Sartika Asih Polda Jawa Barat," ucap Dedi.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif