Polisi Gadungan di Casablanca Bebas Bui

Siti Yona Hukmana 13 September 2018 11:23 WIB
kasus pemerasan
Polisi Gadungan di Casablanca Bebas Bui
Ilustrasi polisi gadungan--Medcom.id/Deny Irwanto
Jakarta: Polda Metro Jaya telah membebaskan polisi gadungan Joseph Anugerah, 20, dari penjara. Ia lepas dari tahanan setelah pengendara mobil yang menjadi korban penilangan mencabut laporan.

"Iya, benar (kasusnya dihentikan). Laporannya dicabut oleh pelapor yang ditilang," kata Kasubdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian saat diklarifikasi, Kamis, 13 September 2018.

Atas pencabutan laporan pada Agustus 2018 lalu, lanjut Jerry, polisi langsung membebaskan Joseph dari penjara. "Bulan lalu sudah dicabut laporannya. Sudah tak ditahan," jelasnya.


Menurut Jerry, pencabutan laporan dilakukan karena korban penilangan sudah memaafkan Joseph. Jalur perdamaian membawa Joseph keluar dari bui.

"Dalam pencabutannya sudah menyelesaikan secara kekeluargaan dan memaafkan," ungkap Jerry.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menetapkan Joseph Anugerah sebagai tersangka pada Minggu, 15 Juli 2018. Joseph memeras saat menyamar menjadi polisi gadungan di jalan layang non tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan.

Baca: Polisi Gadungan di Casablanca Ditetapkan sebagai Tersangka

Polisi gadungan yang berstatus mahasiswa itu mendapatkan Rp520 ribu dari aksi tilangnya. Mulanya menilang korban dengan Rp170 ribu, lalu pada Jumat, 13 Juli 2018, Joseph mendapatkan Rp150 ribu dan pada hari penangkapan 15 Juli 2018 dia mendapatkan Rp200 ribu.

Saat penangkapan, polisi menyita atribut polantas yang digunakan Joseph. Atas perbuatannya, Joseph dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan terancam pidana maksimal empat tahun penjara.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id